wanita biasa, yg ingin bahagia | Cuma kumpulan kopi paste, mengikat ilmu, kalo lupa tinggal nyari =)


Senin, 07 Maret 2016

Keju Mozzarella atau Quick Melt (KW2an / Abal2 )

Keju Mozzarella atau Quick Melt (KW2an / Abal2 ) Tapi enaaaak....


Betapa beruntungnya jaman yang serba canggih seperti saat ini, g perlu repot2 
mencari resep masakan. Apa yang kita mau tingga ketik di Google 
dan keluarlah seabrek2 resep dan tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan.

Seperti di group memasak yang saya ikuti, disitu lagi heboh pembuatan 

keje mozza abal2 alias kw2an temansss, ya namanya juga saya kan, 
suka mencoba hal baru dan tertantang aja rasanya alias kabitaan, 
liat si A bikin ini, pengen juga bikin dirumah. Maksudnya biar g 
penasaran. Walaupun nanti hasilnya gagal atau berhasil 
yang penting saya sudah mencoba. Kalau enak dan berhasil 
ya syukur, kalau g berhasil ya cukup dijadikan pengalaman dan 
itung2 tambah ilmu kan.

Nah seperti keju mozzarella ini, karena lagi rame pada bikin trus dipamerin di group waaaah saya jadi penasaran gimana sih rasanya dan hasilnya kezu mozzarellah homemade ini, apakah sama seperti keju mozzarella yang mihil itu. Kalau g dicoba kan kita g akan tau. Jadi tanpa sengaja pas kepasar senen bulan lalu (udah bulan lalu ya... lama bangettt), saat nemanin Ail beli cemilah di salah satu toko, disitu terpampang nyata susu real good sweet cheese, trus langsung keingatan sama resep  keju mozzarella yang saya simpan di note hp saya, yang katanya lebih enak jika menggunakan susu UHT ini (tapi kalau g punya dan g ketemu susu ini, bisa diganti dengan susu UHT biasa ya..). Langsung deh beli 5 bungkus.


Sampai dirumah masih belum tau mau dieksekusi kapan hahaha, yang penting susunya sudah ada yeeey, hingga akhirnya barulah 2 hari yang lalu saya bisa eksekusi keju mozzarella homemade ini. Bahan2nya bisa dilihat seperti pada foto dibawah ini.


180 gram keju prochiz (bekukan utuh selama 24 jam)

300 ml susu UHT real good sweet cheese / susu UHT biasa
1 bungkus nutrijell *plain (tanpa rasa)
3 sdm tepung maizena (cairkan dengan sedikit susu uht)
2 bks susu kental manis
1/4 sdt garam

Iya... cuma dengan 6 bahan diatas, kita bisa bikin keju mozzarella rumahan. Btw untuk rasa... Sungguh enaaaaaaaak bingit, pengen dicemil terus rasanya wkwkwkw, cuma kalau untuk tekstur ngaret (khasnya mozzarella) hasil yang saya bikin tidak ngaret2 banget, mungkin nanti kapan2 aku tunjukin ya hasil fotonya buat dijadikan toping pizza, tapi quick meltnya sih lumayan dapat teman (makanya kita bilang aja ini semi keju mozzarella dan keju quick melt ya...). Tapi walaupun g bisa seidentik keju mozza saya tidak menyesal ko bikin keju homemade ini, karena bisa diaplikasikan kejenis makanan atau cemilan apa saja, seperti kemarin saya sudah coba bikin untuk isian nangka goreng crispy isi keju *quickmelt ini, hasilnya sungguh enaaak, keju didalamnya lumeeer. Trus kemarin saya bikin untuk toping pinggiran pizza buatan  Ayah, waaah enak juga lho, dan masih banyak cemilan atau menu lain yang bisa kita buat dengan keju mozza atau quickmelt homemade ini, saya sih sudah kebayang buat bikin amris, puding roti panggang, isian roti dan masih banyak lagi deh. Kemarin hasil timbangan setelah keju ini jadi beratnya sekitar 600gram, lumayan khan, ntar kalau kejunya sudah habis saya mau bikin lagi, lumayan buat stock, simpan di freezer lebih awet dan tahan lama.

Step by stepnya bisa lihat foto dibawah ini ya...



Siapkan bahan2nya 

Parut keju yang beku dengan parutan keju

Kemudian campurkan semua bahan, aduk hingga rata

Naikkan keatas kompor, nyalakan api (kemarin saya benar2 menggunakan api yang paling kecil)

Aduk terus hingga menjadi kental


Biarkan sampai muncul letupan2 kecil dari dasar panci sambil terus diaduk

Setelah proses pemasakan selama 20 menit kurang lebih, hasilnya akan seperti ini
Ngaret, melar dan kalis, lalu matikan api

Siap dicetak, setelah dingin baru masukkan kedalam freezer

Dan taraaaaa hasilnya seperti ini... Enaaak banget
AWAS KETAGIHAN!!!

Resep aslinya bisa teman2 lihat disini ya *Keju Mozzarellah ala Bunda Liza Rezeki Dosinta Yudho.

Selamat mencoba temansss...